Rabu, 25 Mei 2016

10 Hal yang ditemukan oleh anak KOS di Kota Yogyakarta



10  Hal menarik yang wajib diketahui anak KOS Perantau  di Kota Yogyakarta


 Merasa bingung selesai tamat SMA atau SMK memang membuatmu merasa dilema, karena bakalan ada rasa tanggung jawab lebih lagi terhadap diri  dikemudian hari,  
Memang    merantau merupakan salah satu hal yang dirasakan oleh seseorang , mungkin karena sudah lelah dengan orang tua yang hampir setiap hari marah mulu atau kita ingin  merasakan sensasi dunia luar yang berbeda. Sehingga kita memutuskan buat merantau dan memilih sekolah di Luar Provinsi salah satunya Yogyakarta.

.          1. Lingkungan Baru, Tanggung Jawab baru


Untuk mahasiswa baru yang baru datang ke Kota Keraton ini , kalian harus bisa beradaptasi dengan Baik, karena disini Lingkungan baru kalian yang berbeda.

 Kalian harus terbiasa dengan kegiatan aktivitas sendiri, Kalau  dirumah masih enak dibangunin, dimasakin, pakaian dicuciin, kalau merantau ya harus mandiri.   Mungkin ini perkara yang simpel tapi  buat yang gak terbiasa bisa menjadi-jadi, awas Mager (Malas gerak ) menghantui mu. Jiahahaha

     2.  Sunyi hal yang biasa

Kalau yang satu ini kamu harus biasa, dan bersahabat dengannya, apalagi buat kamu yang baru pertama kali merantau di Yogyakarta, sunyi harus dibiasakan agar terbiasa nantinya. Merasa sendiri di KOS saat pertama kali itu seperti dilema, Rasanya banyak bayangan yang menghantui pikiran Home Sick.

Salah satu tips dari saya yaitu Jika kamu merasa kesepian  atau Home Sick, keluar dan berbaurlah dengan masyarakat baru mu . Atau sekedar jalan-jalan masuk gang ke gang biar tau tempat lingkungan barumu itu kayak apa, catetan  awas  tersesat yaa. muehehehe

      3. Cari Kontrakan KOS

Ini dia Urusan yang lumayan agak ribet buat Mahasiswa maupun pendatang baru, karena yang namanya anak KOS itu sangat milih memilih dengan ini, karena mungkin ada yang milih dekat kampus biar dekat dengan kota, dekat dengan teman, atau mungkin dekat dihati (*lebay) pastinya harus  dekat kampus jadi telat dikit bisa terkejar, dan di Jogja sendiri  Kos-an tergolong  sangat murah luuoh, disatu sisi kita juga harus cari yang strategis, biar endingnya gampang, hahahha


     4. Kamu harus tau arah Mata Angin

Dari sekian pengalaman tanya menanya soal lokasi , masyarakat jogja sangat sering menggunakan TIMUR, BARAT, SELATAN, UTARA. Salah satu  pengalaman saya adalah ketika mau mencari supermarket, jadi saya menanyakan lokasi kepada tetangga saya, dan seorang bapak itu hanya mengatakan “ masnya nanti lewat arah selatan  gejayan terus lurus nanti sebelah kiri ada toko gede ( besar ),  agak ketimur dikit nanti pas disebelah  ATM , pas sebelahnya. 

 Saya pun bertanya  selatan arah mana ya mas? ( saya mikir lah selatan mana ya ). Setelah saya tanya kembali ternyata patokan mata angin, Gunung merapi yang sebagai Patokan Utaranya, Selanjutnya Sesuaiin sama marah mata anginnya.

     5. Bus Trans Jogja

Buat yang lagi ngirit, atau yang gak punya kendaraan atau juga  iseng-iseng mau lihat kota Yogyakarta, ada bus khusus disediaan pemerintah, cuman bayar 3,600 kita dah bebas keliling kota Yogyakarta ini, catatan Trans Jogja hanya ada di Kota besar aja yaa.. jikalau kita lagi beruntung kita bisa lihat cewek atau cowok bule yang Oke punya. Dan buat yang pertama kali lihat bakalan merasa berbeda, soalnya mungkin  di tempat kalian jarang ada bule yang bling-bling hahahaha.

 Saya ada pengalaman waktu itu saya jumpa dengan cewek bule yang berasal dari afrika dan dia merupakan salah satu mahasiswa di Yogyakarta yang sudah hampir 2 tahun di Indonesia, saya kenalan dengan dia dan bertukar informasi tentang budaya mereka dan budaya Indonesia, dia mengatakan di Indonesia sangat ramah terhadap orang lain dan saya sangat suka itu. Singkat cerita  kejadian lucunya dia bingung untuk mengeja dengan tertatih tatih dan menyebutkan nama lokasi daerah pemberhentian busnya , dan akhrinya saya mengajukan kepadanya  dan menulis tempat yang dia inginkan.




6.   Hati-hati dengan Ibu KOS

Kalau satu ini merupakan  hal yang lumayan menjengkalkan, apa tidak? Kisah nya pengalaman bareng sama anak KOS, jadi ceritanya pas itu Malam minggu, terus kita ngumpul bareng di KOS, yang pada jomblo merapat di KOS, alhasil  kalau anak KOS  dah ngumpul pasti kerjaannya ngakak terus, yang gak tentang orang lain, atau kehidupan ini ya ada aja cara biar jadi lucu-lucuan, mungkin ibu  KOS belum makan atau kurang minum dan dia datang dengan ekspresi jengkel, dan dia mengatakan " Eh Mas suaranya di Kecilin, kok ketawak e gede amat, keganggu sama tetangga, dalam hati ( Tsadeeees), tapi ya Intinye jangan keras-keras yang namanya Musik ataupun suara di malam Hari. Bisa-bisa kena makan kita, Wuahahaha dan Semoga sobat Ibu kosnya gak Menjengkelkan, 

7. Malioboro itu sejenis tempat  apa yoo? 

Pertanyaan itu bakal melintas di pikiran sobat kali pertama  mendengarnya, apa lagi saat orang lain memberitahu tentang tempat itu sangat spesial buat orang pacaran, Hang Out bareng teman, atau sekedar PDKT-an. hahahaha. Objek wisata ini bakalan buat kamu  perantau yang kali pertama datang ke jogja merasa spesial dan bakalan ber-selfie Ria, memang tempat ini sangat menakjubkan apabila kita datang pada malam Hari, apa lagi sama si DOI, wuaaaahh. Monggo di coba :D


8. Burjo dan Angkringan itu sejenis apa yoo?

Buat anak KOS di Jogja ini sejenis tempat makanan yang harus dibiasakan, karena utamanya dekat KOS buaanyak Burjo, mau ngak mau ya harus BURJO, dan buat Setiap menu masakannya diberi nama Unik - Unik, kayak Tante Rebus( Mie Rebus gak pake Telur), Mie Dok-Dok( Mie Komplit dengan bumbu khaspake telur,), NasTel ( Nasi Telur), dan Kalau Ankringan itu mempunyai julukan Gerobak ber-ceret tiga (tempat air ) itu lah yang menyebabkan angkringan menjadi spesial di Jogja dan hal unik lainnya kita juga bisa membakar (memanggang) gorengan disini looh. karena Uniknya tuh disini >.<
  


9.  Komunitas Anak Muda yang Seru

Di kota Pelajar ini kalian Juga bakal nemuin Komunitas yang Super Buaanyak dan Unik-Unik, Poko-e Hobi kalian bisa deh dikembangin disini, kalau mau lihat , coba deh kalian malam minggu ke ALKID ( Alun-Alun Kidul Yogyakarta ), Boulevard Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terletak di bagian terdepan universitas tersebut, atau sepanjang Malioboro ,kalian Join aja kesana, Mulai dari Komunitas Ular, Musik , Nari , Skate Board, BMX atau Pagelaran bakal ada dan pastinya Anak Mudanya seru-seruan, walaupun asyik soba juga  kalau bergaul tetap hati-hati yoo sob.

10. Beli Buku Materi Kuliah? Belakang Taman Budaya bisa.

Buat anak KOS Jogja tempat ini merupakan hal yang wajib dikunjungi buat beli buku, Soalnya di Taman Budaya terdapat penjualan Buku-Buku Ngampus, Segala Bidang Perkuliahan ada  disini, Disini juga menerima dan Menjual Buku Materi Perkuliahan yang layak pakai, makannya kebanyakan ank KOS yang sudah selesai mereka akan jual kesini, lumayan kan, dan kalau mau kesini kita cukup melalui arah Taman Pintar. 

Sampai disini dulu ya sobat, Ini masih 10 dari Hal lain yang bisa kita Jumpai di Yogyakarta, Sekian dulu dari saya sampai berjumpa di artikel selanjutnya. Pay-pay :D 
6.       

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts